BUKAN KARENA AKU SEORANG PEREMPUAN


BUKAN KARENA AKU

SEORANG PEREMPUAN

Untuk kesekian kalinya ‘tawaran’ itu datang dan menanti jawaban. Amanah kepemimpinan dalam wilayah heterogen. Perempuan dan laki-laki, ikhwah dan ammah. Ditawarkan dengan berbagai motif yang coba ku baca. Pewacanaan terhadap kepemimpinan perempuan dalam komunitas yang dominan berbeda, bahwa perempuan juga bisa. Kepercayaan terhadap kapasitas pribadi (untuk ini ada dua kemungkinan : mereka memiliki parameter yang rendah terhadap standar kepemimpinan, atau juga kita memang dianggap lebih baik -diantara yang sangat kurang baik-, hanya itu). Mungkin juga dengan motif ‘menjebak’ diri melalui suatu amanah.

Sempat terfikir, ketika peluang itu telah terbuka dengan cukup besar, “ Ya Allah, apa rencanaMu untukku?!”. Mencoba untuk menganalisis dan memohon petunjuk…dan akhirnya kupilih untuk ‘MENOLAK

Dalam politik, segala sesuatunya dapat berubah begitu cepat, sedetik, dua detik, dst…karena tindakan yang cepet, karena peluang yang cepat ,karena situasi yang tepat dan terus berubah.

Jawaban butuh KOMUNIKASI yang TEPAT. Alasan ku cukup politis, tapi juga bukan pemikiran para ‘elitis’. Semua harus ku jawab dengan realistis. Itu butuh waktu dan kepercayaan dari sang pendengar yang bijaksana.

Ketika yang mendengarkan ’pun’ berfikiran politis, kepercayaannya sangat dipertanyakan, bahkan sulit diminta. Namun ketika yang mendengarkan merasa kenal dengan paradigma berfikir kita, maka ia pun merasa tak ’memerlukan’ waktu untuk bertanya alasan.

Trus siapa yang mau mendengarkan ??!. Yang bersedia meluangkan waktu dan mampu memberikan kepercayaannya. Sulit didapat memang, apalagi ketika lingkungan terdekat tak berparadigma yang sama. Siyasi dan kaderisasi. Apalagi ketika lingkungan tempat berpijak hanya terbangun komunikasi tanpa kepercayaan. Yang satu menganggap kita sangat politis dan kuat, yang satu berfikir kita adalah perempuan yang lembut dan berfikir sederhana.

Bersambung....


0 komentar:

Szamat Datang



Powered By Blogger

 

Blog Template by Adam Every. Sponsored by Business Web Hosting Reviews